Terbaru

MTsN 3 Kota Padang Sukses Laksanakan ANBK 2022

20 September 2022

Padang, Humas – Dalam rangka memajukan pendidikan nasional, siswa/siswi MTsN 3 Kota Padang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022. Dilansir dari laman edukasinfo.com, ANBK merupakan salah satu terobosan pemerintah dalam melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap sekolah/madrasah. ANBK diklaim sangat penting untuk meningkatkan mutu sistem pendidikan di Indonesia.

Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum Melia, mengungkapkan bahwa asesmen nasional ini berfungsi untuk pemetaan sekolah/madrasah dan sangat berpengaruh terhadap penentuan akreditasi sekolah/madrasah.

“Jadi, asesmen nasional ini fungsinya nanti untuk pemetaan, kalau hasil asesmen nasionalnya bagus madrasah kita tidak akan di visitasi untuk akreditasi” ungkapnya saat ditemui disela-sela pelaksanaan asesmen berlangsung, pada Selasa (20/09).

Melia juga mengatakan, pelaksanaan ANBK 2022 berlangsung selama dua hari, mulai pada tanggal 19 s.d 20 September 2022. Adapun teknis pelaksanaannya, siswa yang menjadi sampel dibagi menjadi dua gelombang, dimana masing-masing gelombang terbagi dalam dua sesi.

“Kita samplenya 50 orang, teknis pelaksanaannya kita menggunakan satu gelombang, gelombang pertama hari Senin dan Selasa. Setiap gelombang dibagi lagi menjadi beberapa sesi.” ungkap Melia.

Terkait dengan pelaksanaan ANBK 2022 Kepala MTsN 3 Kota Padang, Nurhidayati mengungkapkan harapannya, Beliau berharap agar kedepannya sampel untuk peserta ANBK ini lebih diperbanyak lagi. “Karena pesertanya dipilih dari Sistem, untuk kedepannya mungkin bisa ditambah lagi sampel untuk madrasah, ya kurang lebih 30 persen dari jumlah siswa/siswi yang ada di madrasah agar nantinya lebih bagus dan lebih akurat,” ungkapnya ketika wawancara di sela-sela pelaksanaan ANBK.

Sebagai informasi tambahan, pelaksanaan ANBK 2022 berlangsung lancar dan tertib. Asesmen nasional ini tak hanya diikuti oleh siswa maupun siswi saja, akan tetapi diikuti juga oleh guru dan kepala madrasah. Siswa harus mengerjakan tiga instrumen asesmen nasional yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar, sedangkan guru dan kepala madrasah hanya mengerjakan instrumen survey lingkungan belajar. (AA. Foto : AA)

Informasi lainnya…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *