Terbaru

Ujian Praktik TIK: Siswa MTsN 3 Kota Padang Tunjukkan Kemahiran di Labor Komputer

04 Maret 2024

Padang, Humas – Ujian Akhir Praktik Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi siswa kelas IX MTsN 3 Kota Padang menjadi momen puncak dalam menilai kemampuan praktikal mereka di bidang teknologi. Kegiatan ini, yang berlangsung pada Senin (04/03/2024) di Labor Komputer madrasah, melibatkan semua siswa kelas IX yang tengah menyelesaikan ujian praktik tersebut. Koordinator ujian, Irwan Putra, memastikan bahwa proses berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

Setiap siswa dihadapkan pada serangkaian tugas praktik yang mencakup pengoperasian perangkat keras dan lunak komputer, serta penerapan konsep dasar teknologi informasi. Para siswa ditantang untuk menyelesaikan berbagai tugas, termasuk instalasi perangkat lunak, pemecahan masalah teknis, dan penggunaan aplikasi produktif. Ujian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep-konsep TIK yang diajarkan selama periode pembelajaran.

Irwan Putra, koordinator ujian, menyampaikan bahwa ujian praktik ini dirancang untuk memberikan gambaran nyata tentang kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan TIK mereka di dunia nyata. Irwan menegaskan pentingnya ujian praktik dalam menilai keterampilan praktis siswa, yang tidak dapat diperoleh hanya dengan memahami teori semata. Dengan menghadapi situasi langsung di labor komputer, siswa dapat menunjukkan sejauh mana mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan TIK mereka.

Kepala Madrasah, Nurhidayati, mengamini pentingnya ujian praktik TIK sebagai sarana evaluasi yang akurat terhadap kemampuan siswa. Ia menyatakan bahwa TIK merupakan mata pelajaran yang krusial dalam era digital ini, dan ujian praktik menjadi cara efektif untuk menilai sejauh mana siswa siap menghadapi tuntutan teknologi informasi yang semakin kompleks di masa depan. Dengan selesainya ujian praktik ini, siswa kelas IX melangkah lebih dekat menuju penyelesaian mata pelajaran TIK mereka.

Setelah selesai ujian, siswa dan guru pembimbing terlibat dalam diskusi reflektif untuk membahas pengalaman ujian praktik. Hal ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dari proses ujian dan meningkatkan pemahaman mereka terkait TIK. (AA. Foto: AA)

Informasi lainnya…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *