Terbaru

Ujian Praktik Fiqih: Siswa MTsN 3 Kota Padang Menyelenggarakan Jenazah Dengan Kemahiran di Masjid Nurus Sakinah

04 Maret 2024

Padang, Humas – Ujian Akhir Praktik ibadah menyelenggarakan jenazah menjadi momen berharga bagi siswa kelas IX MTsN 3 Kota Padang dalam rangka menyelesaikan bidang studi Fiqih. Kegiatan ini, yang dipandu oleh koordinator Fitri Suryani, berlangsung dengan khidmat di masjid Nurus Sakinah pada Senin (04/03/2024). Kepala Madrasah, Nurhidayati, dan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Ramli, turut menyaksikan proses ujian ini sebagai bentuk dukungan dan pemantauan langsung.

Materi ujian praktik ini melibatkan langkah-langkah pelaksanaan ibadah menyelenggarakan jenazah sesuai tuntunan agama Islam. Siswa diuji pada kemampuan mereka dalam mempersiapkan jenazah, melaksanakan shalat jenazah, dan menguburkan dengan benar. Setiap langkah dipertimbangkan dan dinilai untuk menunjukkan pemahaman mendalam siswa terhadap ajaran Islam terkait tata cara pemakaman.

Proses ujian berlangsung dengan penuh hikmat, diawali dengan persiapan jenazah oleh siswa yang ditunjuk sebagai petugas pemulasaran. Shalat jenazah kemudian dilakukan dengan khusyuk diiringi oleh doa-doa sesuai dengan syariat Islam. Ujian ini mencakup penilaian terhadap pengetahuan siswa terkait doa-doa yang dibaca dalam shalat jenazah, serta sikap dan tata krama yang ditunjukkan selama pelaksanaan ibadah.

Nurhidayati, Kepala Madrasah MTsN 3 Kota Padang, menyatakan kepuasannya terhadap kekhusyukan siswa dalam mengikuti ujian praktik ini. Ia menekankan pentingnya pemahaman dan keterampilan siswa dalam melaksanakan ibadah menyelenggarakan jenazah, yang merupakan bagian integral dari pelajaran Fiqih. Dalam penilaian, bukan hanya tindakan fisik yang dinilai, tetapi juga pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan keagamaan dalam konteks kegiatan tersebut.

Ujian Akhir Praktik ini tidak hanya sebagai evaluasi akademis, tetapi juga menjadi wahana pembelajaran praktis untuk memastikan bahwa siswa dapat mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal ibadah menyelenggarakan jenazah. Setelah selesainya ujian, suasana kelas dipenuhi dengan diskusi dan refleksi bersama guru pembimbing untuk memperbaiki pemahaman dan keterampilan siswa. (AA. Foto: AA)

Informasi lainnya…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *