Padang, Humas – Transformasi digital dalam pelayanan publik merupakan sebuah keniscayaan. Bukan hanya sebatas melakukan digitalisasi data, tetapi juga merupakan pengembangan dari sistem teknologi informasi (TI) yang kaku menjadi lingkungan TI yang dirancang untuk mampu beradaptasi terhadap cepatnya perubahaan kebutuhan layanan publik.
Dewasa ini kita semakin akrab dengan penggunaan teknologi baik berupa aplikasi di smarphone atau aplikasi berbasis web. Menjawab tantangan dan era teknologi informasi ini MTsN 3 Kota Padang turut serta mengikuti perkembangan dengan menggunakan aplikasi digital untuk mempermudah pelayanan publik.
Kepala madrasah Nurhidayati sangat mengapresiasi atas diterapkannya transformasi digital pelayanan publik di MTsN 3 Kota Padang, yang juga merupakan kegiatan yang sejalan dengan visi dari Kementerian Agama Republik Indonesia.
Yang pertama dari transformasi digital di MTsN 3 Kota Padang yaitu aplikasi E-Kinerja yang digunakan oleh pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 3 Kota Padang, aplikasi ini memudahkan pendidik serta tenaga kependidikan dalam melakukan perekaman aktivitas kinerja. Jadi tak perlu khawatir kalau ada kesalahan ataupun kehilangan data, karena data tersimpan dengan aman di internet, dan jika dibutuhkan dapat dipanggil kapan saja, dan sesuai keinginan yang diperlukan tanggal berapa. Aplikasi ini dapat diakses melalui laman https://ekinerja.mtsn3padang.sch.id
Yang kedua dari transformasi digital di MTsN 3 Kota Padang yaitu aplikasi E-Surat yang digunakan oleh tenaga kependidikan. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar di bagian tata usaha, setiap surat yang masuk dapat dicatat secara digital dan disimpan secara digital, dan jika dibutuhkan juga bisa dilakukan disposisi secara langsung di aplikasi ke penerima disposisi, dan juga dapat di cetak jika diperlukan. Begitu juga dengan surat keluar yang akan diterbitkan oleh MTsN 3 Kota Padang, semua surat tercatat secara digital dengan rapi, sehingga pengelolaan dapat dengan mudah dilakukan. Aplikasi ini dapat diakses melalui laman https://esurat.mtsn3padang.sch.id
Yang Ketiga dari transformasi digital yang juga sudah diterapkan di MTsN 3 Kota Padang adalah aplikasi sistem informasi piket madrasah (SIPM), aplikasi ini sangat membantu sekali pendidik yang bertugas sebagai guru piket, karena data siswa yang terlambat, izin masuk, izin keluar, berhalangan tidak hadir serta siswa yang cabut tercatat dengan lengkap didalam sistem aplikasi. Hal ini juga berlaku bagi kehadiran guru, guru yang berhalangan hadir juga dapat dicatat didalam aplikasi. Aplikasi ini dapat diakses melalui laman https://sipm.mtsn3padang.sch.id
Transformasi digital pelayanan publik merupakan jawaban dari kesiapan MTsN 3 Kota Padang untuk memasuki era revolusi 4.0, serta menjadi madrasah mandiri berprestasi. (AA. Foto : MN)
0 Komentar