Nurhidayati Sampaikan Materi Digitalisasi Layanan Dalam Bimtek Peningkatan Kompetensi Digitalisasi dan Asesmen Literasi

21 Mei 2024

Padang, Humas – Pada hari Selasa, 21 Mei 2024, Kepala MTsN 3 Kota Padang, Nurhidayati, memberikan materi tentang “Digitalisasi Layanan” dalam rangka Bimtek Peningkatan Kompetensi Digitalisasi dan Asesmen Literasi. Acara ini berlangsung pukul 16.00 WIB di Pangeran Beach Hotel dan dihadiri oleh para guru dan staf madrasah. Dalam materinya, Nurhidayati menekankan pentingnya digitalisasi kinerja sebagai respons terhadap kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat.

Nurhidayati menjelaskan bahwa penerapan kurikulum merdeka saat ini menuntut kemampuan berteknologi yang mumpuni agar bisa mencapai target yang diinginkan. Oleh karena itu, guru dan staf madrasah perlu merancang pembelajaran yang berdiferensiasi baik dari segi materi maupun metode penyampaian. Ini penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tidak hanya efektif tetapi juga menarik bagi siswa-siswi.

Sejak tahun 2022, MTsN 3 Kota Padang telah memproklamirkan diri sebagai madrasah digital dengan mengembangkan beberapa aplikasi yang mendukung kegiatan belajar mengajar dan administrasi. Untuk tahun 2024, madrasah ini turut serta dalam program Smarteschool dari Kemenag Kota Padang, yang bertujuan untuk menjadikan madrasah sebagai pusat pembelajaran digital yang unggul.

Nurhidayati memaparkan sejumlah aplikasi yang telah digunakan di MTsN 3 Kota Padang, seperti SIPM (Sistem Informasi Piket Madrasah), CBT (Computer Based Test), RDM (Rapor Digital Madrasah), Rapor P5P2RA, MyASN, E-Kinerja BKN, Quizizz, E-Perpus, Erklika untuk kelas digital, dan Smarteschool. Aplikasi-aplikasi ini tidak hanya memudahkan proses administrasi tetapi juga meningkatkan kualitas pembelajaran dan asesmen di madrasah.

Di akhir materinya, Nurhidayati mengajak seluruh peserta Bimtek untuk terus meningkatkan kompetensi digital mereka agar dapat bersaing dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Ia juga berharap bahwa melalui digitalisasi, MTsN 3 Kota Padang dapat terus maju dan memberikan layanan pendidikan yang terbaik bagi siswa-siswinya. Dengan demikian, madrasah ini dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam hal penerapan teknologi dalam pendidikan. (AA. Foto: AA)

Informasi lainnya…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *