Padang, Humas – Salah satu tugas kepala madrasah meliputi supervisi akademik terhadap guru yang mengajar di kelas. Kepala madrasah biasanya melakukan pengamatan ini setidaknya dua kali setahun, tetapi dapat dilakukan lebih sering jika perlu.
Tujuan utama supervisi adalah untuk memastikan bahwa semua siswa menerima tingkat pendidikan dan kualitas pengajaran yang sama.
Kepala madrasah juga harus menyadari apa yang terjadi di setiap kelas dan bagaimana siswa belajar. Kepala madrasah juga harus mewaspadai setiap masalah yang mungkin timbul dan memastikan bahwa masalah tersebut diselesaikan dengan cepat agar madrasah tetap berjalan dengan lancar.
Dilakukan supervisi terhadap guru untuk mengevaluasi kinerjanya dan memberikan umpan balik. Pengamatan membantu memahami metode pengajaran apa yang paling cocok untuk siswa dari setiap guru yang berbeda dalam pengajaran, serta bagaimana guru dapat meningkatkan gaya dan keterampilan mengajar.
“Kadang-kadang, siswa tidak tahu bagaimana mengartikulasikan pikiran ketika mereka mendapat masalah, dan berpikir akan lebih baik bagi mereka untuk menyerah dan berhenti, tetapi guru tidak tahu itu sampai guru mengamati siswa. Pengamatan membantu guru memahami mengapa siswa berjuang di kelas, apa akar penyebab dari perjuangan tersebut, dan bahkan di mana menemukan strategi pengajaran khusus yang akan membantu siswa dalam perkembangannya”, ujar Nurhidayati.
Untuk mencapai tujuan diatas Kepala MTsN 3 Kota Padang Nurhidayati melakukan supervisi akademik terhadap guru. Salah satu supervisi akademik yang dilakukan pada waktu jam pembelajaran Bahasa Arab yang diampu oleh Rahmi Hayati (18/10), serta supervisi akademik juga dilakukan pada waktu jam pembelajaran TIK yang diampu oleh Emni Despita (19/10). (AA. Foto : AA)
0 Komentar