MTsN 3 Kota Padang Terapkan Asesmen Diagnostik Pada PPDBM Tahun 2024 Untuk Optimalisasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka

17 Mei 2024

Padang, Humas – MTsN 3 Kota Padang mengadakan asesmen diagnostik di awal penerimaan peserta didik baru madrasah (PPDBM) sebagai salah satu syarat utama pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Asesmen diagnostik ini bukanlah penentu kelulusan, melainkan bertujuan untuk memetakan bakat, minat, dan gaya belajar siswa. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi individualnya.

Dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran bersifat diferensiasi, artinya setiap siswa akan dibelajarkan sesuai dengan minat, bakat, kemampuan, dan gaya belajarnya masing-masing. MTsN 3 Kota Padang berkomitmen tinggi untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan memperhatikan standar operasional prosedur (SOP) yang ketat. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif dan mendukung perkembangan setiap siswa.

Hasil asesmen diagnostik akan disampaikan kepada siswa, orang tua, guru, dan manajemen madrasah. Dengan demikian, semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan dapat memahami kebutuhan belajar masing-masing siswa dan berkontribusi dalam mendukung perkembangan mereka. Pengetahuan ini akan menjadi dasar dalam merancang program pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai.

Kepala MTsN 3 Kota Padang, Nurhidayati, menekankan pentingnya asesmen diagnostik dalam memastikan bahwa setiap siswa dapat berkembang sesuai dengan kemampuan dasar dirinya. Dengan demikian, perkembangan belajar siswa diharapkan dapat menjadi lebih optimal dan bermakna. Nurhidayati juga menyatakan bahwa madrasah akan terus berupaya untuk memberikan pendidikan yang terbaik dengan memanfaatkan hasil asesmen ini dalam pengembangan program pembelajaran.

Harapannya, melalui asesmen diagnostik dan implementasi Kurikulum Merdeka, MTsN 3 Kota Padang dapat membantu setiap peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal. Dengan pendekatan yang lebih personal dan adaptif, siswa diharapkan dapat meraih prestasi yang lebih tinggi dan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih memuaskan dan berarti. (AA. Foto: AA)

Informasi lainnya…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *