Terbaru

KKG IPA MTsN 3 Kota Padang Merakit Robot

25 Februari 2021

Padang – Tim KKG IPA MTsN 3 Kota Padang melakukan gebrakan baru dalam bidang ilmu dan pengetahun dengan melakukan  rakitan robot. Tim KKG IPA MTsN 3 Kota Padang yang berjumlah enam orang guru kemarin Kamis, 25 Februari 2021 melakukan kegiatan MGMP IPA yang bertempat di MTsN 6 Kota Padang yang menghasilkan rakitan Robot.

Perkembangan teknologi dan saint memberikan pengaruh dan kontribusi yang besar terhadap dunia pendidikan saat ini. Pembuatan robotik menjadi program unggulan Kemenag Kota Padang yang bisa dikembangkan di madrasah. Tindak lanjut dari program unggulan kemenag kota padang,  MGMP IPA se Kota Padang dalam pertemuannya menghadirkan Edidas, Kepala Laboratorium Analog, digital dan Sistem Kendali Elektronika dari Fakultas Teknik Negeri Padang. Dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa Robotik tersebut banyak pengetahuan yang dapat kita ambil, terutama pengetahuan tentang konsep dasar robot yang sebenarnya, karena pada dasarnya belajar robot itu menyenangkan dan menantang untuk berinovasi.

Berbekal dari pelatihan tersebut KKG IPA MTsN 3 Padang mengembangkan perakitan robotik yang sudah dipraktekan hari ini. “Lanjutnya pelatihan tentang konsep dasar elektronika, praktik pembuatan robot analog dan pengetahuan dasar tentang mikro controler ( untuk tingkat lanjutan) karena menggunakan bahasa pemprograman.

Pengetahuan mengenai robot memiliki manfaat yang sangat luas dalam kehidupan. Terutama bagi  peserta didik nantinya bisa diajak mengenali defenisi robot dan dasar-dasar pembuatan robot di dalam kelas. Kepala MTsN 3 Kota Padang, Nurhidayati menyampaikan bahwa Guru sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan di Indonesia harus selalu diberikan Pelatihan  terutama dibidang pengembangan Robotika, mengingat pemerintah saat ini menggalakan untuk terus maju di era Revolusi Industri.

“Kita berharap tim KKG IPA  bisa mengembangkan kegiatan pembuatan robotik di dalam kegiatan ekskul nantinya, kerena pemilihan peserta didik diekskul ini berdasarkan pada bakat dan minat siswa dan langkah–langkah yang dilakukan sukses meraih prestasi dibidang robot untuk masa yang akan datang” tambahnya lagi. (SS. Foto : SS)

Informasi lainnya…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *