Kepala MTsN 3 Kota Padang Gelar Rapat Evaluasi Kelas Inklusi: Langkah Strategis Untuk Pengembangan Pendidikan Inklusif

15 Agustus 2024

Padang, Humas – Pada Kamis, 15 Agustus 2024, Kepala Madrasah MTsN 3 Kota Padang, Nurhidayati, memimpin rapat evaluasi terkait pelaksanaan kelas inklusi yang telah berjalan di madrasah tersebut. Rapat yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini berlangsung di ruang Kepala Madrasah dan dihadiri oleh Kepala Urusan Tata Usaha, Desi Arisanti, Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, serta para Guru Pendamping Khusus (GPK). Agenda utama dalam rapat ini adalah untuk mengevaluasi dan merencanakan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas pendidikan inklusif di MTsN 3 Kota Padang.

Nurhidayati dalam pembukaannya menyampaikan pentingnya rapat evaluasi ini sebagai bagian dari upaya untuk terus meningkatkan layanan pendidikan inklusif yang ramah bagi seluruh siswa, terutama mereka yang berkebutuhan khusus. Ia menekankan bahwa keberhasilan program inklusi tidak hanya bergantung pada infrastruktur, tetapi juga pada kesiapan dan komitmen para guru serta staf madrasah dalam menjalankan program ini dengan baik.

Selama rapat, berbagai hal teknis dan operasional terkait pelaksanaan kelas inklusi dibahas secara mendalam. Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Hj. Melia memaparkan hasil evaluasi dari semester sebelumnya, termasuk tantangan yang dihadapi dalam pengajaran dan pembelajaran di kelas inklusi. Para Guru Pendamping Khusus juga memberikan masukan terkait kebutuhan tambahan dalam mendukung siswa inklusi, seperti pelatihan lanjutan bagi guru, penyesuaian metode pembelajaran, serta penyediaan alat bantu belajar yang lebih memadai.

Desi Arisanti, sebagai Kaur Tata Usaha, menyoroti pentingnya administrasi dan dokumentasi yang rapi dan akurat dalam mendukung keberlanjutan program inklusi. Ia mengusulkan beberapa perbaikan dalam sistem pencatatan dan pelaporan, termasuk integrasi data siswa inklusi ke dalam sistem informasi madrasah agar dapat lebih mudah dipantau dan dievaluasi secara berkala. Nurhidayati menyambut baik usulan tersebut dan menginstruksikan agar segera dilakukan tindak lanjut untuk memastikan sistem yang lebih baik.

Rapat evaluasi ini diakhiri dengan kesepakatan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama antara semua pihak yang terlibat, serta komitmen untuk terus mengembangkan program inklusi di MTsN 3 Kota Padang. Nurhidayati berharap bahwa dengan adanya evaluasi berkala dan perbaikan yang berkesinambungan, madrasah ini dapat menjadi model dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Padang, memberikan akses pendidikan yang adil dan berkualitas bagi seluruh siswanya. (AA. Foto: AA)

Informasi lainnya…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *