Terbaru

Belajar Bahagia Jauhi Narkoba

10 September 2022

Padang, Humas – Menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan Narkoba menjadi menjadi tugas bersama. Institusi pendidikan memiliki peran sangat penting dalam tugas tersebut.

Elpi Yanti, salah satu guru Bimbingan Konseling (BK) dari MTsN 3 Kota Padang memaparkan aksi Bebas Narkoba Hidup Positif pada kegiatan seminar sehari Belajar Bahagia Jauhi Narkoba. Dia menjelaskan upaya menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya Narkoba, khususnya di MTsN 3 Kota Padang.

Yanti menjelaskan dalam menyelamatkan siswa dari bahaya narkoba, dia melakukan beberapa aksi antara lain melalui sosialisasi, layanan bimbingan melalui media poster, sharing materi menggunakan media sosial WhatsApp, layanan bimbingan melalui media blog dan bimbingan klasikal.

Salah satu contoh cara menyadarkan siswa dari bahaya Narkoba, kita menggunakan media poster dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Poster ini diharapkan bisa menyadarkan siswa tentang bahaya Narkoba. ”Poster ini ditaruh di papan informasi madrasah, agar seluruh siswa bisa melihat,” imbuhnya.

Menerapkan Hidup Positif, Yanti mengajak seluruh siswa agar sehat secara fisik dan mental, sadar dengan internal diri dan apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Sehingga mereka bisa menikmati kehidupannya, dan menyadari apa yang dilakukan memberikan dampak positif atau negatif bagi orang lain. ”Dan sadar bahwa hidup harus dilalui dengan perjuangan dan proses,” katanya menambahkan.

Selanjutnya untuk hidup positif harus menjadi pribadi yang produktif yakni menghasilkan karya-karya dalam bidang apapun yang ditekuni. “Dengan menjalani proses itu diharapkan akan menjadi pribadi yang bahagia,” ujarnya.

Kepala madrasah Nurhidayati sangat mengapresiasi sekali kegiatan seminar sehari yang dilakukan oleh tim bimbingan konseling MTsN 3 Kota Padang, beliau mengharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini siswa MTsN 3 Kota Padang mendapatkan bekal dan pengetahuan yang baik untuk menjalani hidup sehat tanpa narkoba. (AA. Foto : AA)

Informasi lainnya…

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *